Mudah, Ini 4 Cara Mengatasi TV Indihome Tidak Ada Sinyal 2022

cara mengatasi TV Indihome tidak ada sinyal

DIGITALPERS.ID – Saat sedang menonton TV atau baru saja menyalakannya, lalu kamu mendapati keterangan indihome TV tidak ada sinyal yang disertai layar blank hitam, kamu bisa baca artikel berikut ini untuk bagaimana mengatasi masalah tersebut.

Hampir semua pengguna Indihome saat ini tentu saja berlangganan juga STB TV untuk menikmati siaran UseeTV karena memang sudah termasuk dalam paket berlangganan layanan internet Indihome.

Salah satu masalah yang cukup sering terjadi yaitu kondisi sinyal dimana TV indihome tidak ada sinyal sehingga kita sebagai pengguna tentunya sangat terganggu apalagi jika di momen-momen penting seperti akan menonton Live Pertandingan Sepakbola mungkin?.

Nah! sebelum kamu menghubungi pihak Indihome, sebaiknya coba beberapa cara mengatasinya di artikel berikut untuk memperbaiki sendiri sinyalnya karena untuk memanggil petugas juga butuh waktu setidaknya 1 hari baru bisa datang dan memperbaiki Indihome TV kamu yang macet.

indihome useeTV

Berikut ini ada beberapa langkah yang harus kamu pastikan untuk mengatasi HDMI TV Indihome tidak ada sinyal untuk kembali mengaktifkan TV agar normal kembali.

1. Cek Koneksi Internet Modem Indihome

Salah satu penyebab kenapa tv indihome tidak ada sinyal yaitu karena pengaruh koneksi modem. Sumber koneksi dari STB tentu saja dari akses internet Modem Wifi yang kamu gunakan sehingga langkah pertama dan utama yakni memastikan kalau modem baik-baik saja.

Cara memastikannya silakan coba dengan melihat indikator pada Modem dan pastikan semua indikator berwarna hijau, jika ada Indikator modem berwarna merah misalnya Indikator LOS Modem Indihome Merah Kedip-kedip, maka tidak heran jika TV juga tidak ada sinyal.

Untuk memastikannya kembali, coba sambungkan TV maupun Laptop ke Wifi dan jika normal maka errornya sudah pasti bukan karena internet.

2. Cek Koneksi STB TV Indihome

Setelah memastikan modem normal, cek juga STB TV Indihome yang tidak ada sinyal, lihat pada Indikatornya, kalau normal maka Indikatornya juga hijau semua/tidak ada indikator nyala merah.

Jika indikator sinyal ada yang merah seperti pada Indikator LOS, maka dipastikan itu karena ada gangguan dari kabel fiber optik, bisa karena gangguan di daerah terdekat lokasi kamu atau hanya di jaringan Indihome kamu saja, silakan coba lepas dan pasang kembali kabel Fiber Optiknya.

Jika tetap terkendala maka kemungkinan besar memang gangguan sinyal dari Indihomenya sehingga pakai cara apapun tidak akan bisa, silakan hubungi Pihak Telkom.

3. Setting Input Source TV Indihome ke HDMI 1 atau HDMI 2

Cara berikutnya untuk mengatasi indihome tv tidak ada sinyal yaitu dengan setting input source TV.

Di STB, ada port HDMI 1 dan 2 dimana port ini yang menghubungkan antara TV dan STB, jika kabel penghubung itu kamu masukkan ke HDMI 1 pada STB maka pastikan juga input source (pengaturan masukan) di TV, harus diatur juga ke HDMI 1 agar TV bisa mendapatkan sinyal dari STB.

Untuk cara masuk ke menu pengaturan masukan/input source setiap TV sepertinya berbeda-beda ya, silakan disesuaikan dengan merk TV yang kamu gunakan.

4. Pastikan Kabel STB TV Indihome Terhubung ke Port 4 LAN

Untuk mendapatkan akses internet dari Modem, pastikan kabel yang menghubungkan STB ke Modem harus berada di Port 4 (LAN) di modem agar TV Indihome mendapat sinyal.

Hal itu bersumber langsung dari Indihome terkait kendala sinyal bahwa cara untuk menghubungkan STB ke Modem memang harus memakai Port 4, jadi jangan gunakan port yang keliru ya.

Baca juga artikel terkait seputer TV:

Itulah beberapa penyebab kenapa TV Indihome tidak ada sinyal dan cara mengatasinya. Jika sudah coba banyak cara namun masih terkendala maka silakan hubungi Indihome saja langsung daripada errornya tambah banyak dan makin bingung, jangan acuh juga dengan hal-hal kecil seperti pemasangan kabel pastikan benar-benar masuk (tidak kendor) dan lain sebagainya karena biasanya justru error sinyal seperti itu bisa disebabkan dari hal-hal yang sederhana.

Digital Pers
Digital Content Creator: Website, YouTube, Facebook, Twitter, TikTok dan Platform-platform Social Media Lainnya