Search
Close this search box.

Cara Cek Profil NIP dan Pangkat PNS BKN

Cukup banyak yang belum tahu bagaimana cara cek NIP profil PNS Bkn beserta pangkat golongan atau sk kenaikan pangkat PNS BKN, maka dari itu disini admin akan memberikan langkah untuk melihat Nip dan pangkat profil PNS BKN yang bisa dilakukan melalui online baik itu dari website ataupun aplikasi yang sudah disediakan oleh pemerintah.

Saat ini profesi Pegawai Negeri Sipil memang sedang naik daun seiring susahnya mendapatkan pekerjaan di perusahaan Swasta, hal itu terbukti dari banyaknya yang ikut Tes CPNS 2020 dan tahun sebelumnya. Terlebih ada banyak keuntungan dengan menjadi PNS mulai dari gaji yang cukup besar serta tunjangan yang membuat banyak orang tergiur.

Dan sebagai informasi, sekarang ini bagi kalian yang hanya lulusan SMK atau SMA sederajatpun bisa mengikuti seleksi PNS.

Dan jika sudah resmi menjadi PNS maka kalian akan mendapatkan NIP yang merupakan singkatan dari Nomor Induk Pegawai serta profil yang terdiri dari nama dan identitas diri lainnya, tentu saja termasuk pangkat golongan PNS Kalian.

Apabila sudah cek NIP dan pangkat PNS BKN maka tentu bisa jadi tenang karena data identitas sudah pasti masuk. Seperti yang kita tahu semua PNS itu identitasnya akan masuk ke database Badan Kepegawaian Negara yang mana apabila data kalian belum ada tentu harus segera diperbaiki.

Cek NIP dan Pangkat PNS BKN Melalui Website

Untuk memastikannya maka kalian harus tahu bagaimana sih Cara Cek Nip dan Pangkat PNS BKN? Langsung saja berikut ini ulasannya.

Pastikan semua data benar mulai dari identitas pribadi dan pangkat golongan agar mendapatkan gaji yang sesuai, jangan sampai ada kesalahan data yang bisa berakibat fatal nantinya.

Pemerintah melalui BKN sendiri sudah mem-fasilitas layanan online untuk pengecekan tersebut yakni bisa kunjungi halaman web :

https://apps.bkn.go.id/

  1. Silakan kunjungi alamat website tersebut.
  2. Setelah itu pilih “PROFIL PNS”.
  3. Kemudian akan dialihkan ke halaman berikutnya, login!.
  4. Caranya mudah banget kok, cukup masukan saja identitas PNS kalian nantinya informasi akan muncul dengan lengkp.
  5. Untuk data yag dimasukan yakni NIP, pastikan NIP yang dimasukan benar dan jangan sampai salah.

Cek Nip SK Kenaikan Pangkat PNS BKN di Aplikasi

Selain Lewat Cara diatas, bisa juga pakai aplikasi yang bisa diinstall di smartphone android, caranya juga simpel. Bisa pakai aplikasi “Cek Profil PNS” .

Untuk penggunaan aplikasi yang pertama yakni Cek Profil PNS bisa simak langkahnya seperti berikut:

  1. Jika sudah install aplikasinya seperti biasa.
  2. Kemudian login dengan memasukan NIP dan klik cari NIP.
  3. Setelah itu akan muncul informasi nama, jabatan, NIP baru dan lama, tanggal lahir dan informasi mengenai data diri lainnya.
  4. Selesai deh, mudah kan untuk cek nip pangkat profil PNS BKN?

Ohya, sebagai informasi tambahan kalau aplikasi tersebut itu BUKAN Resmi dari pemerintah, melainkan buatan seseorang yang memanfaatkan server website, jadi kalau websitenya tidak aktif maka ya aplikasi tidak bisa menampilkan informasi dengan baik.

Maka dari itu untuk melakukan cek profil dan pangkat PNS BKN bisa hanya melalui website saja kok.

Dan sebagai catatan tambahan, cek profil PNS BKN diatas hanya untuk SK Kenaikan pangkat PNS saja, bukan termasuk SK Penetapan PAK.

Untuk penggunaan aplikasi kedua bernama “Cek Nip Profil PNS” caranya kurang lebih sama saja seperti langkah penggunaan aplikasi diatas, tinggal download dan install aplikasi, kemudian login dengan menggunakan NIP dan cari data.

Nantinya juga akan muncul data PNS bkn anda mulai dari data diri sampai jabatan, unit kerja dan lain sebagainya.

Apa saja yang bisa di Cek di WEB BKN?

Melalui website resmi BKN, kalian bisa mengecek kenaikan pangka PNS, bukan hasil penetapan PAK yang mana apabila terjadi kekeliruan data identitas, segera perbaiki dengan mengunjungi kantor BKD yang biasanya ada di Kabupaten atau Provinsi untuk membenarkan data yang tidak benar tersebut.

Gagal Cek NIP Profil PNS BKN?

Perlu diketahui, mungkin saking banyaknya yang melakukan pengecekan hal tersebut membuat website jadi down. Maka dari itu jika gagal mengecek lewat website jangan panik dulu, tunggu beberapa waktu dan lakukan pengecekan lagi, kalau masih saja tidak bisa usahakan ceknya saat malam hari kira-kira belum banyak yang mengakses website tersebut.

Saran admin sih kalau mau cek nip CPNS sebaiknya di waktu malam hari atau dinihari dimana sudah pasti jarang orang yang mengakses web resmi BKN sehingga web bisa diakses dengan optimal.

Pastikan juga NIP yang diinput itu sudah benar, periksalah lebih teliti lagi karena tak jarang banyak yang keliru memasukan sehingga data tidak bisa dicek.

Itulah cara cek NIP Profil PNS BKN serta pangkat golongan, semoga dengan adanya informasi diatas bisa membantu kalian yang kesulitan untuk memeriksa data PNS dengan benar, jika ada yang ingin ditanyakan bisa via komentar dibawah ya.

Tinggalkan komentar