Review Hisense Android TV 32 Inch Setelah 1 Tahun Pemakaian

Review Hisense Android TV 32 inch Setelah 1 Tahun Pemakaian

Tanpa melebih-lebihkan dan mengurangi, ini pengalaman pakai Hisense Android TV.
Tanpa melebih-lebihkan dan mengurangi, ini pengalaman pakai Hisense Android TV.

DIGITALPERS.ID – Saat akan membeli Android TV, admin pribadi sempat pusing 7 keliling menentukan mau merk TV apa yang sekiranya pas, tidak seperti saat memilih Handphone, untuk memilih TV ini kesulitannya berkali-kali lipat karena memang tidak tahu hal mendalam seputar TV terutama dari segi spesifikasi dan detail-detail lainnya.

Awalnya hanya merk Samsung, Polytron, dan LG yang terpikirkan. Namun dengan berani admin memutuskan untuk mengambil Hisense Android TV, sebuah merk yang mungkin masih terdengar asing di Indonesia.

Namun meskipun begitu, sebenarnya Hisense bukanlah TV yang bisa dianggap remeh, TV ini sudah ada sejak beberapa tahun lalu dan memiliki perkembangan yang pesat, di tahun 2020 lalu, Hisense menjadi sponsor resmi Euro.

Akhirnya Membeli Hisense Android TV

Hisense Android TV untuk nonton disney+ hotstar

Awalnya admin akan membeli Smart TV, namun setelah cari tahu lebih dalam, daripada beli Smart TV mending beli Android TV karena semua android TV sudah pasti Smart TV, tapi Smart TV belum tentu android TV.

Pada intinya, kalau Android TV kita bisa lebih leluasa dalam menginstall aplikasi layaknya kita menggunakan handphone, kalau di Smart TV itu terbatas dalam menginstall aplikasi yang bukan bawaan langsung.

Harga waktu admin beli yaitu sekitar Rp3.300.000 (kurang lebih ya, agak lupa juga).

Spesifikasi TV

Untuk detail spesifikasi jujur saja admin kurang tahu mendalam terutama soal layar dan audio ya, yang jelas kalau layar yang bagus itu sudah 4K, tapi bukan berarti kalau belum 4K berarti layar jelek ya.

Untuk saat ini, tipe layar tertinggi yaitu 4K, dibawahya ada 2K, kemudian 1080P (FHD). Dibawahnya FHD masih ada lagi tentunya.

Hisense Android TV 32 Inch terbaru
  • Layar 32 inch, LED, Flat, 1366 x 768 Pixel, FHD.

Kalau dari spesifikasi layarnya, Hisense bisa dibilang tidak ada yang spesial ya, artinya ya bagus tapi bukan yang paling bagus, ya kita realistis saja ya untuk TV Harga 3 Jutaan kalau mau spesifikasi yang dari A-Z bagus ya susah, hehe.

  • Desain Hitam, 717 x 160 x 469 mm, 6.5 Kg.

Sudah sepatutnya TV itu warnanya hitam ya, kalau warna lain kayak gimana gitu dilihatnya.

  • Fitur Android Smart TV, Google Assistant.

Sudah android TV dan dibekali Google Assistant juga, rasanya sudah cukup banget memenuhi kebutuhan untuk streaming film di TV.

  • Konektivitas 1 Port(s) LAN, 2 Port(s) HDMI 1.4, Bluetooth, WiFi (1 Port), LAN (2 Port), USB 2.0 (2 Port), HDMI 1.4 (1 port)

Admin menggunakan TV dengan sumber internet dari Wifi, selama masa pakai tidak ada kendala apapun kalau soal koneksi.

  • Audio Speaker (Tanpa Dolby Atmos)

Kalau ada notes tanpa dolby atmos, berarti bisa dibilang Dolby Atmos ini cukup penting bagi sebuah TV tapi bukan hal wajib, intinya dengan Dolby atmos maka suara yang terdengar akan lebih baik karena suara bergerak sesuai objek atau gerakan di TV (ke kanan, kiri, atas, bawah) jadi lebih menggelegar lagi suaranya.

  • Daya Listrik 75 watt

Tidak ada yang perlu dibahas soal watt sepertinya, admin sendiri tidak pernah nyalain TV dan berakibat mati listrik ya, aman saja.

Desain Body TV

Dengan bezel yang tipis tentu menjadi poin yang sangat dipertimbangkan saat memilih TV, karena kalau bezel tipis maka nonton akan semakin nyaman. Beda banget nuansa nonton di TV dengan bezel tebal VS bezel tipis. Maka dari itu secara desain body tentu Hisense 32 Inch Android TV sudah memenuhi banget kritieria sebagai TV Pilihan.

Akses Aplikasi dan Koneksi Internet

1 Tahun pemakaian, admin hanya menginstall beberapa aplikasi tambahan saja seperti Aplikasi Vidio, Disney+ Hotstar, dan Mola TV. Semuanya berjalan normal dan tidak ada kendala dalam penggunaan atau instalasi aplikasi tambahan.

Begitu juga dengan akses internet, dari awal hanya menghubungkan ulang ke wifi 2 kali saja, jadi tidak repot setiap menyalakan TV harus connect ulang ya, 2 kali juga waktu itu karena memang Wifinya yang sedang error sehingga bisa dibilang untuk koneksi internet TV tidak pernah mengalami masalah.

Baca juga artikel terkait seputar TV: Cara mengatasi TV Indihome tidak ada sinyal

Hisense TV Lag atau Lemot?

Kendala yang cukup sering dialami sejauh ini hanya ada pada LAG atau lambat, kadang TV suka lag saat mengakses aplikasi, namun ini bukan masalah berarti, biasanya disebabkan karena TV sudah lama nyala (maksudnya tersambung ke listrik) namun TV tidak dihidupkan, solusinya tinggal restart ulang TV dan tunggu sebentar jika sudah aktif, maka akan langsung normal lagi.

Fitur-Fitur Keren Lainnya

Jujur admin belum eksplor lebih dalam soal fiturnya karena memang hanya menggunakan yang dibutuhkan saja, salah satunya fitur pengaturan ON OFF pada TV, kita bisa mengatur di jam berapa TV akan mati sendiri (ini tentu beda dengan fitur sleep ya, karena kita bisa mengatur di waktu kapan TV akan selalu mati), kalau fitur sleep kan kita harus setting lagi dan lagi dan terbatas dalam pemilihan waktunya.

Itulah sedikit review secara umum soal Hisense Android TV 32 Inch, intinya admin tidak menyesal telah membeli Hisense TV setelah 1 tahun pemakaian berjalan, jadi tidak perlu ragu untuk membali Merk TV ini, dulu admin dihadapkan dengan pilihan Smart TV samsung atau Hisense android TV (dengan budget yang kurang lebih sama), dan lebih memilih android TV daripada maksa milih smart TV hanya karena brand Samsung lebih terkenal.

Digital Pers
Digital Content Creator: Website, YouTube, Facebook, Twitter, TikTok dan Platform-platform Social Media Lainnya