Cara Mendapatkan Uang dari TikTok, Bisa untuk Pemula!

Spill berapa penghasilan TikTokers dan bagaimana saja cara mendapatkan uangnya.
cara mendapatkan uang dari tiktok
ilustrasi: Pixabay.com

DIGITALPERS.ID – TikTokers kini bukan sebuah sebutan yang bisa diremehkan lagi, sama halnya seperti Youtubers.

Sudah banyak contoh seorang TikTokers yang memiliki penghasilan banyak dan bahkan menjadi artis, sebut saja Livy Renata (tentunya masih banyak yang lainnya).

Dalam beberapa Podcastnya di Youtube, dia menceritakan awalnya merupakan seorang TikTokers, sebelum seperti sekarang ini menjadi Brand Ambassador Alter Ego E-Sport, main di beberapa web series dan muncul diberbagai channel Youtube terkenal.

Bukan hanya itu saja, efek dari terkenal di TikTok juga bisa sampai ke social media lain dimana followers Instagram dan Subscriber Youtube juga ikut banyak.

Itulah enaknya terkenal di 1 platform, kalau mau masuk ke platform lain, maka followers akan ikut.

Kenapa Harus TikTok?

TikTok sekarang menjadi platform paling terkenal sejagad, meskipun tetap saja Youtube adalah rajanya, tapi untuk platform sharing video pendek, tentu TikTok saat ini yang terdepan.

Hal itu dikarenakan konten di TikTok memang penuh dengan hal-hal baru yang sedang viral sehingga membuat orang betah menggunakannya karena bisa update dengan info-info diluar sana, banyak sekali kejadian yang viral dimana viralnya berawal dari TikTok.

Berdasarkan data dari We Are Social, Jumlah pengguna dan lama penggunaan aplikasi social media saat ini memang masih dipegang Youtube, namun dalam 1 tahun terakhir, TikTok menjadi aplikasi yang paling banyak didownload.

data jumlah download social media 2022

Note: Youtube tidak masuk dalam 10 besar Download karena memang sudah otomatis ada di Ponsel Android.

Selain itu dari segi lama penggunaan (waktu yang dihabiskan pengguna dalam membuka TikTok) dalam 1 tahun terakhir hampir menyamai Youtube dan sudah menyalip Facebook serta Whatsapp!, itu artinya TikTok menjadi social media nomor 2 dengan lama penggunaan paling lama setelah Youtube. Bayangkan, Whatsapp yang setiap waktu dibuka penggunanya untuk chatting saja bisa dikalahkan TikTok. Mungkin pengaruh event juga, karena kadanga ada event seperti nonton video TikTok dapat uang, referral, dan lainnya.

data lama penggunaan aplikasi tiktok

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari TikTok?

TikTok merupakan platform yang bukan digunakan untuk hiburan semata, sangat memungkinkan untuk kita mendapatkan uang dari aplikasi ini.

Sebelum membahas berapa gaji atau penghasilan TikTok untuk akun 1k followers, berikut beberapa referensi cara mendapatkan uang dari TikTok:

  1. Menerima endorsement produk/jasa

Fun Factnya, Perusahaan-perusahaan besar sekalipun, mereka sangat memperhatikan citra mereka di internet/social media, sering sekali jika ada pengguna yang cerita tentang testimoni negatif terhadap produk atau brand, si Perusahaan akan sangat mempedulikannya, yang belum lama, ada kasus dari salah satu brand lokal yang viral karena mengirim surat teguran untuk Youtubers yang mereview produk mereka dengan mengkritik pengambilan videonya yang kurang bagus, dan lainnya.

Hal itu membuat netizen ramai-ramai membully brand dan tidak tanggung2, petinggi brand-pun akhirnya membuat video permohonan maafnya.

Jadi, tidak heran jika brand-brand besar rela mengeluarkan budget melimpah untuk endorsement, karena memang influencer itu diperhitungkan sekali di era digital seperti sekarang.

Artikel terkait: Cara mengaktifkan TikTok Shop untuk belanja dan jualan online.

  1. Membuka jasa kelola akun TikTok:

Cocok untuk kalian yang punya skill editing dan art yang bagus, sama seperti jasa kelola akun IG, banyak lho yang butuh jasa ini selama kita tahu pasarnya, biasanya jika ada event dalam jangka waktu tertentu, mereka butuh jasa kelola akun untuk rutin upload konten setiap harinya dengan konten seputar event yang akan atau sedang dilakukan.

  1. Jual beli Akun TikTok:

Kalau kalian tau trik dapat followers tiktok dengan cepat, bisa gunakan cara ini untuk mendapatkan cuan dari TikTok.

  1. Menjadi pengiklan/advertiser:

Fitur TikTok Ads digunakan para Internet marketers, banyak yang bilang TikTok Ads masih sangat gurih untuk beriklan karena belum terlalu banyak kompetitor, ditambah jumlah pengguna TikTok yang sangat tinggi, jadi sebuah kombinasi yang sangat pas untuk membuat produk/jasa yang dijual bisa laku keras. Beda seperti Facebook Ads/Google Ads yang sudah ada sejak lama sehingga banyak kompetitor.

Selain beberapa cara di atas, memanfaatkan cara lain seperti invite teman atau mengikuti event yang kadang diadakan TikTok juga bisa menjadi sumber penghasilan, kekurangannya dibanding youtube yaitu belum adanya fitur monetisasi langsung seperti Youtube dengan Adsensenya.

Berapa Penghasilan Akun TikTok Misalnya dengan 1000 Followers?

Nah! sekarang pertanyaannya, berapa gaji tiktok pemula? katakanlah 1000 followers? Ini hanya sekadar estimasi, adapun jumlahnya bisa lebih ataupun bisa kurang.

Karena setidaknya ada beberapa faktor yang mempengaruhi fee endorsement misalnya:

Baca juga artikel terkait: Tips Menjadi Content Creator di TikTok Agar Sukses.

Jika dengan followers 1000 dan semuanya adalah real followers aktif dimana postingan-postingan kalian mendapatkan interaksi yang bagus (likes, komen, share), maka fee yang didapatkan tentu juga cukup tinggi.

Untuk followers 1000, bisa mematok fee endorsement dengan harga paling tidak Rp100.000 untuk setiap posting, namun jumlah followers bukanlah harga mati, jika followers 1000 tapi kalian bisa menggaransi bahwa postingan bisa mendapat viewers yang banyak, maka fee yang bisa kalian minta juga harusnya semakin besar.

Bukan berarti dengan 1000 followers, hanya bisa menjangkau 1000 views ya, ini sosial media jadi bisa saja dengan followers segitu tapi viewers yang didapatkan bisa puluhan bahkan ratusan ribu.

Jika 1 posting mendapatkan fee Rp100.000 memang terlihat sedikit, namun jika endorsement yang didapatkan banyak maka hasilnya juga lumayan, dan itu juga bukan harga PAS segitu, bisa saja lebih banyak dengan menawarkan service-service lain misalnya garansi views banyak, dishare di akun sosmed yang lain, dan sebagainya. Apalagi kalau aktif di TikTok, bukankah semakin lama akan semakin meningkatkan followers dan jumlah penghasilanpun dapat ikut naik?.

Buat yang bingung menentukan berapa fee yang pas, paling tidak pertimbangkan hal ini (selain jumlah followers):

  • Modal membuat konten/video (uang, jika ada + waktu + tenaga+ tingkat kesulitan)
  • Brand yang endorse, semakin besar brand, semakin tinggi fee,
  • Permintaan/Tuntutan dari pihak brand, contoh: Video harus dapat 10.000 views, semakin banyak permintaannya, maka kita harus meminta fee yang semakin banyak juga, hehe.

Itulah ulasan mengenai penghasilan TikTokers 1000 followers dan beberapa referensi cara mendapatkan uang dari TikTok, aplikasi ini kedepannya sudah pasti bakal semakin meningkat baik dari segi pengguna maupun keaktifannya, sehingga potensinya semakin bagus untuk dijadikan sebagai tempat cari cuan.

Digital Pers
Digital Content Creator: Website, YouTube, Facebook, Twitter, TikTok dan Platform-platform Social Media Lainnya