Search
Close this search box.

Layar HP Bergaris dan Goyang, Kenapa Bisa Begitu? Cek Ini Dulu

Jika layar hp bergaris dan goyang, tentunya kondisi itu akan sangat mengganggu kita sebagai pengguna hp yang membutuhkan tampilan layar sedemikian rupa baiknya. Nah, untuk kamu yang sedang mengalami layar hp tiba-tiba bergaris dan seperti goyang, bisa simak dulu penyebab dan beberapa pilihan cara mengatasinya.

Jangan terlalu buru-buru ke tempat service HP juga, kamu bisa mengeceknya sendiri terlebih dahulu. Kemudian, setelah cek dan ternyata masih belum berhasil, baru kamu pergi ke service center untuk perbaikan lebih lanjut.

Menurut DigitalPers sendiri, Layar HP seperti smartphone memang menjadi salah satu bagian pada HP yang paling sering mengalami error kerusakan. Dan biasanya, biaya service untuk kerusakan di layar itu lumayan mahal.

Penyebab Layar HP Bergaris dan Goyang

penyebab dan cara mengatasi layar hp bergaris dan goyang

Sebelum solusi, pastikan kamu tahu dulu tentang kenapa sih tiba-tiba layar hp bergaris dan bergoyang? Berikut beberapa penyebabnya:

Baterai HP Bocor

Meksipun rusaknya di layar, bukan berarti komponen seperti baterai tidak mungkin jadi penyebabnya. Ya, baterai pada HP bisa menjadii salah satu penyebab munculnya kerusakan pada layar hp seperti ada garis-garis dan bergoyang. Hal ini biasanya jika baterai HP memiliki kebocoran akibat penggunaan yang salah satu penyebab lain.

Overheat

Penggunaan HP yang terlalu lama bukan hanya tidak baik untuk kesehatan kita, tapi juga berpengaruh ke kondisi HP! HP yang sudah digunakan terus-menerus maka akan bisa menimbulkan beberapa kerusakan, seperti layar hp bergaris atau goyang karena overheat bisa merusak komponen yang ada di dalam HP.

Ada Part Rusak

Layar hp yang bergaris dan bergoyang juga bisa disebabkan karena adanya part rusak pada HP. Biasanya ada komponen yang tidak terpasang dangan benar atau memang sudah rusak. Sehingga, hal ini menimbulkan kerusakan pada bagian lain, termasuk layar hp.

HP Basah

layar hp bergaris karena basah

Ini nih yang sering banget diabaikan banyak orang. HP seringkali diajak hujan-hujanan sehingga terkena air. Jika airnya banyak tentu akan membahayakan HP apalagi layarnya. Bukan hanya basah karena kehujanan, tapi bisa juga karena air lainnya.

Faktor Aplikasi HP

Selain dari sisi hardware, kerusakan layar HP bergaris juga bisa karena faktor software. Dalam hal ini yaitu aplikasi. HP yang terlalu banyak memiliki aplikasi yang terinstall dan berjalan bersamaan akan menyebabkan komponen seperti baterai lebih mudah panas. Selain itu, komponen lain juga bisa lebih cepat rusak karena kinerja berlebihan terus-menerus.

Cara Mengatasi Layar HP Bergaris dan Goyang

Setelah tahu penyebabnya, sekarang giliran kamu coba mengatasinya sendiri! Berikut beberapa cara mengatasi layar HP bergaris dan bergoyang.

Aktifkan Mode Pengembang

Mode Pengembang atau Developer Mode merupakan fitur yang selalu ada dalam smartphone seperti android. Beberapa pengguna yang mengalami layar hp muncul garis dan bergoyang, bisa mengatasi masalah tersebut setelah mengaktifkan mode pengembang. Bagi kamu yang ingin mencobanya, bisa mengaktifkan melalui menu pengaturan HP. Untuk langkahnya mungkin bisa berbeda tergantung merk HP, jadi kamu bisa cari tahu lebih lanjut sesuai merk HP yang digunakan.

Menggunakan Safe Mode

Cara ini lebih kepada untuk memeriksa apakah penyebab layar hp bergaris dan bergoyang karena aplikasi tertentu atau tidak. Saat kamu menghidupkan HP dengan safe mode, nantinya yang ada hanya aplikasi bawaan HP saja. Setelah dinyalakan dan ternyata error hilang, maka kemungkinan disebabkan karena ada aplikasi tertentu yang rusak.

Perbaiki di Service Center

Untukmu yang merasa berisiko jika mengatasinya sendiri, maka solusinya bisa cari cara aman saja. Kamu bisa pergi ke service center resmi untuk mengecek HP kamu lebih lanjut dan memperbaikinya. Jangan sampai kamu memaksakan untuk perbaiki sendiri, apalagi sampai bongkar-bongkar HP jika tidak tahu cara-cara yang benar saat memperbaiki HP.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi layar hp bergaris dan goyang. Semoga setelah membaca artikel di atas, masalah layar HP kamu bisa segera teratasi dan bisa kembali normal, ya!

Tinggalkan komentar