Kenapa Nokia Tidak Pakai Android? Ini Fakta-faktanya

Kenapa Nokia Tidak Pakai Android? Mungkin bagi kamu pecinta Nokia, sempat berpikir begitu?

Nokia memang tidak memilih sistem operasi Android untuk digunakan pada ponselnya, meskipun pada akhirnya Nokia juga merilis beberapa ponsel dengan sistem operasi Android.

Ada beberapa alasan mengapa Nokia tidak memilih Android sebagai sistem operasi ponselnya:

Kenapa Nokia Tidak Pakai Android
  • Tidak ingin terlalu bergantung pada Google

Sistem operasi Android dikembangkan dan dimiliki oleh Google, sehingga pengguna ponsel Android sangat bergantung pada Google. Sebagai produsen ponsel, Nokia mungkin tidak ingin terlalu bergantung pada satu perusahaan, terutama karena Google adalah salah satu pesaing utama Nokia di pasar teknologi.

  • Lebih memilih sistem operasi yang dikembangkan sendiri

Nokia telah lama mengembangkan sistem operasi ponsel sendiri, yaitu Symbian, dan kemudian beralih ke sistem operasi Windows Phone yang dikembangkan oleh Microsoft. Nokia mungkin lebih memilih untuk terus mengembangkan sistem operasi ponsel sendiri daripada mengadopsi sistem operasi Android yang dikembangkan oleh pesaing.

  • Tidak ingin menjadi “satu dari banyak”

Pasar ponsel Android sangat kompetitif, dengan banyak produsen ponsel yang menggunakan sistem operasi tersebut. Dengan memilih sistem operasi yang berbeda, Nokia mungkin berharap dapat menonjol dari kerumunan dan menawarkan sesuatu yang berbeda bagi pelanggannya.

  • Memiliki kesepakatan eksklusif dengan Microsoft

Pada awal tahun 2010-an, Nokia melakukan kesepakatan eksklusif dengan Microsoft untuk menggunakan sistem operasi Windows Phone pada ponselnya. Kesepakatan ini membuat Nokia tidak dapat menggunakan sistem operasi Android selama beberapa tahun, meskipun pada akhirnya Nokia merilis beberapa ponsel dengan sistem operasi Android setelah kesepakatan tersebut berakhir.

  • Masalah lisensi

Untuk menggunakan sistem operasi Android, produsen ponsel harus membayar biaya lisensi ke Google. Meskipun biaya lisensi tidak terlalu besar, namun mungkin menjadi pertimbangan bagi Nokia yang pada saat itu sedang mengalami kesulitan keuangan.

Meskipun Nokia tidak memilih untuk menggunakan sistem operasi Android sebagai sistem operasi utama ponselnya, namun pada akhirnya Nokia juga merilis beberapa ponsel dengan sistem operasi Android.

Hal ini menunjukkan bahwa Nokia menyadari pentingnya keberadaan Android di pasar ponsel dan ingin memanfaatkan potensi Android untuk meningkatkan penjualannya.

Itulah kurang lebih untuk penyebab kenapa nokia tidak pakai android sebagai sistem operasi andalannya, tentu saja, mungkin ada juga penyebab lain yang hanya diketahui oleh pihak Nokia ya.

Artikel Lainnya=> Cara Cek Tipe HP Nokia

Tinggalkan komentar