Efek Mematikan Update Windows 10, Bahaya atau Tidak?

Menjawab kebingungan kamu soal apakah windows 10 harus di update dan apa efek jika mematikan updatenya.
Efek Mematikan Update Windows 10, Bahaya atau Tidak

DIGITALPERS.ID – Mengenai update Windows 10 sepertinya menjadi salah satu hal yang sangat membingungkan bagi pengguna Windows, karena jika auto update dinyalakan maka akan cukup mengganggu karena seperti yang kita tahu bahwa update windows 10 cukup sering, selain itu membutuhkan waktu lama untuk mengupdatenya, pun jika mau dinonaktifkan, ini juga mengganggu kekhawatiran pengguna terkait apakah bahaya mematikan update windows 10?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut kali ini admin akan sharing efek mematikan update Windows 10.

Pada dasarnya, Operating System akan terus mengupdate versinya seperti halnya pada software atau aplikasi-aplikasi guna memperbaiki ketidaksempurnaan di versi sebelumnya ataupun meningkatkan fitur agar dapat berjalan sesuai perkembangan teknologi.

Efek Positif Mematikan Update Windows 10

Tidak mengupdate windows 10 bukan berarti efeknya negatif karena ternyata ada efek positif dengan tidak mengupdatenya, diantaranya:

  • Menghemat Penyimpanan Laptop

Jika melakukan update Windows 10 maka otomatis kapasitas penyimpanan juga akan bertambah karena jika diupdate tentu ada pembaruan fitur sehingga membuat penyimpanan juga berkurang. Jika kamu menonaktifkan update windows 10 maka kamu tidak mengalami hal tersebut sehingga penyimpanan di laptop tidak bertambah dan bisa lebih hemat.

  • Tidak Menghabiskan Waktu untuk Update Windows

Sepanjang admin menggunakan windows 10 dan mengaktifkan auto update, hal yang sangat meresahkan yaitu adanya notifikasi untuk update di saat-saat yang tidak tepat. Laptop sedang benar-benar dibutuhkan tapi terpaksa harus update yang akhirnya membuat waktu kita terbuang untuk menunggu waktu update dimana berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk update windows 10 ini tidak tentu juga kan?

Hal itulah yang membuat banyak pengguna mengalami kendala dimana update windows 10 tidak selesai karena memang mendadak dan tidak bisa mengira-ngira kapan selesainya. Meskipun sebenarnya itu hal yang sederhana karena jika update tidak selesai dan laptop kita mati atau koneksi internet lambat, kita bisa meneruskannya di lain waktu.

Dan fakta lain yang harus kamu ketahui, tidak semua update yang dilakukan Windows 10 itu bermanfaat, bahasa kasarnya ya tidak update juga tidak masalah kenapa harus update? Terkecuali jika memang fitur yang akan diupdate memang harus dilakukan untuk misalnya agar bisa install aplikasi tertentu yang mengharuskan windows diupdate, jika seperti itu maka updatenya bermanfaat.

  • Tidak Perlu Beradaptasi dengan Fitur Baru Windows

Terkadang update yang sudah dilakukan mungkin mempengaruhi tampilan atau tata letak pada aplikasi-aplikasi atau bagian tertentu di windows, jika kita sudah nyaman dengan versi yang sebelumnya dan kita mengupdate windows, tentu kita harus beradaptasi lagi untuk penggunaannya. Berbeda jika kita memilih tidak mengupdate dimana kita tidak perlu mengalami hal itu.

Efek Negatif Mematikan Update Windows 10

Setelah mengetahui efek positifnya, kamu juga harus tahu soal dampak negatif jika kita mematikan windows update di windows 10, diantaranya:

  • Ada Aplikasi Tertentu yang Tidak Bisa Berjalan di Windows

Meskipun jarang, tapi ternyata ada aplikasi yang saat kita mau mengakses fitur aplikasinya, Windows 10 kita harus diupdate ke versi tertentu, jika belum maka aplikasi tidak bisa berjalan.

Namun selama kamu belum menemui masalah itu, tentu tidak ada salahnya jika kita tidak mengupdate windows, yang terpenting semua aplikasi yang kamu gunakan bisa tetap berjalan lancar.

  • Risiko Windows Terkena Virus

Salah satu jawaban yang bisa membuat kamu langsung yakin mengenai apakah windows 10 harus di update mungkin soal risiko terkena virus di windows. Tapi sekarang pertanyaannya, apakah dengan update akan membuat windows kita tidak mungkin terkena virus? Tidak juga bukan?.

Masih ingat dengan serangan virus Ransomware di Windows yang sempat menggemparkan dunia? Nah setelah ada serangan virus itu, Windows langsung mengupdate versinya untuk memperbaiki agar tidak terkena virus ransomware.

  • Kinerja Laptop Mungkin Menurun

Windows 10 yang sudah lama tidak diupdate mungkin berpengaruh pada kinerja laptop kamu saat digunakan, tapi soal kinerja laptop tentu tidak hanya karena Windows, bisa juga dipengaruhi banyaknya aplikasi yang terinstall dan berjalan maupun hal-hal lainnnya.

Jadi, Lebih Baik Mengaktifkan atau Mematikan Update Windows 10?

apakah bahaya mematikan update windows 10

Terkait pertanyaan ini, sebagai referensi, admin pribadi sudah bertahun-tahun tidak mengupdate windows karena sudah lama menonaktifkan updatenya meskipun ujung-ujungnya update juga karena ada salah 1 aplikasi yang mengharuskan windows diupdate terlebih dahulu agar bisa menggunakannya.

Maka dari itu, jawaban yang paling tepat adalah tergantung kebutuhan, jika memang tidak diupdate tidak mengalami kendala ya bisa nonaktifkan saja tapi jika ada kendala maka tinggal diaktifkan lalu diupdate windowsnya.

Kalau saran dari admin, lebih baik yang dimatikan auto update saja, untuk update bisa manual di waktu tertentu yang sekiranya kamu ada waktu luang untuk mengupdate windows. Cara itu lebih fleksibel, kita tidak terganggu dengan pemberitahuan update dan kita juga tidak khawatir karena toh kita bisa update kapan saja.

Baca juga artikel terkait lainnya: Cara Menghilangkan Notifikasi Java Update Available Windows 10

Bagaimana Cara Mematikan Windows Update di Windows 10?

Nah bagi kamu yang lebih memilih untuk tidak mengupdate windows 10 untuk saat ini, bisa mematikannya dengan aplikasi WinUpdateStop, aplikasi tersebut sudah admin gunakan lama dan sampai sekarang masih bekerja dengan baik.

Bagaimana Cara Mematikan Windows Update di Windows 10

Tidak perlu repot karena kamu hanya perlu klik tombol disable update saja di aplikasi tersebut dan jika suatu saat ingin update ya tinggal klik enable updatenya lalu masuk ke pengaturan update windows 10 melalui Settings di windows kemudian pilih menu windows update. Setelah itu klik check for updates dan akan otomatis mengupdate jika laptop sedang terkoneksi ke internet.

Baca juga artikel lainnya terkait Windows 10:

  1. Cara Mengatasi Tidak Ada Tombol On Off Bluetooth
  2. Cara Menghilangkan Chromium yang Tidak Bisa Dihapus
  3. Cara Uninstall Aplikasi di Windows 10 Sampai Bersih

Demikian penjelasan mengenai efek mematikan update windows 10 apakah bahaya atau tidak, semoga dengan membaca artikel di atas kamu sudah tahu apa yang terbaik untuk windows kesayangan kamu ya.

Sony Gunawan Zen
Sony Gunawan Zen Merupakan Digital Creator Lulusan S1 Informatika di Universitas Amikom Purwokerto yang suka menulis konten seputar Digital seperti Sosial Media, Game, Gadget, dan Berita Teknologi.