Ciri-ciri LCD iPhone Rusak, Pernah Diganti, dan Cara Ceknya

ciri Ciri LCD iPhone Rusak

Kamu memiliki iPhone? Ada garis hitam di tengah layar ponsel pintarmu? Hati-hati, itu merupakan ciri-ciri LCD iPhone rusak lho!

Apakah kamu beli iPhone second? Maka, kamu harus hati-hati dan mengecek kondisi fisik ponsel tersebut dengan teliti sebelum benar-benar membelinya. Salah satu part yang rentan mengalami kerusakan adalah LCD iPhone tersebut. iPhone rusak LCD tentu saja tidak akan berfungsi secara optimal. Apalagi, kedepannya kerusakan ini mungkin akan terulang kembali.

Cara Cek LCD iPhone Rusak atau Tidak, Ini Ciri-Cirinya

Cara Cek LCD iPhone Rusak atau Tidak

Nah, berikut ini ada beberapa ciri-ciri LCD rusak lainnya yang harus kamu ketahui :

  • Layar tidak berfungsi secara total

Ciri pertama ada di fungsi layar sentuhnya. Ketika LCD ponsel rusak parah, maka layarnya tidak akan responsive lagi terhadap semua jenis sentuhan.
Ada garis atau titik-titik hitam pada layar.

Adanya garis atau titik hitam pada layar bisa jadi salah satu tanda kerusakan pada LCD iPhone. Dalam tahap ini, layar sentuh ponselmu mungkin masih responsive. Namun, adanya titik/garis hitam ini tentu saja akan sangat mengganggu.

  • Layar mati total

Jika kerusakannya sudah parah, maka bisa saja layar iPhonemu akan mati total alias blank. Layarnya akan terlihat hitam semua, meskipun sebenarnya ponsel tersebut hidup. Kalau sudah seperti ini, tentu saja kamu tidak akan dapat menggunakan ponselmu, bukan?

Layar berkedip/berkelap-kelip sendiri: layarmu tiba-tiba berkedip sendiri. Bisa jadi nih, layar LCD iPhonemu memang mengalami masalah.

  • Kecerahan layar menurun drastis

kamu mungkin sudah menyetel tingkat kecerahan layarmu. Tapi, tiba-tiba saja tingkat kecerahannya meredup sendiri. Ini juga merupakan pertanda awal adanya masalah pada layar ponselmu lho! Ini juga bisa terjadi karena ketidakmampuan sistem dalam mengontrol tingkat kecerahan layarmu.

LCD iPhone rusak karena jatuh biasanya juga akan menampilkan ciri-ciri kerusakan seperti diatas. Bahkan, jika jatuhnya dari ketinggian dan cukup keras. Maka, bisa saja layar tersebut jadi retak dan mati total.

Ciri Ciri LCD iPhone Pernah Diganti

Ciri Ciri LCD iPhone Pernah Diganti

Lalu, apa saja ciri LCD iPhone pernah rusak dan diganti? Berikut ini ciri-cirinya :

  • Ada bekas-bekas pembongkaran yang kurang rapi.
  • Layar terlihat buram dan kurang cerah.
  • Warna layar tidak akurat.
  • Kualitas ketajaman layar yang buruk.
  • Umur pakai layar lebih pendek.
  • Kurang responsive, fitur True Tone/3D Touch tidak berfungsi, dan terkadang ada lag atau ghost touch.
  • Layarnya KW.

Resiko Ganti LCD iPhone

Layar iPhone rusak yang diganti di gerai yang tidak resmi biasanya hanya akan diganti dengan layar KW alias layar yang tidak original. Karena itulah tak jarang layar tersebut akan mengalami banyak kendala.

Resiko Ganti LCD iPhone

Berikut ini ciri ciri LCD iPhone kw:

  • Harga: LCD iPhone yang asli dijual dengan harga 1 hingga 8 juta rupiah, memang cukup mahal. Sementara itu, LCD Kw dijual dengan harga ratusan ribu rupiah saja. LCD iPhone asli dilengkapi dengan anti gores yang kuat sehingga tidak mudah pecah. Sementara itu, LCD kw kebalikannya. Ia lebih mudah tergores dan pecah.
  • Responsivitas: LCD ori sangat sensitive dan responsive bahkan ketika diberi sentuhan sedikit saja. Sementara itu, LCD Kw cenderung kurang responsive dan sering nge-lag.
  • Fitur layar: Phone memiliki banyak sekali fitur layar, seperti Truetone, Brightness, dan night shift. Pada LCD ori, fitur-fitur tersebut dapat diatur dan berfungsi dengan baik. Di LCD Kw, fitur-fitur tersebut kebanyakan tidak bisa dijalankan.
  • Dari segi fisiknya: LCD iPhone ori mulus dan rapi. Sementara di LCD Kw biasanya akan ada banyak goresan, coretan, atau bahkan bekas tempelan stiker.
  • Berdasarkan kualitas gambar yang dihasilkan: LCD ori tentu saja mampu menampilkan gambar yang tajam dan jernih, tone warnanya juga bias dan kebiru-biruan. Sedangkan warna yang dihasilkan oleh LCD KW biasanya cenderung sedikit menguning, buram, dan tidak tajam.
  • LCD ori iPhone hanya dijual di service center Apple yang resmi, seperti App Store dan iBox. Sementara itu, LCD Kw biasanya lebih mudah ditemukan di tempat servis biasa.
  • Dari segi logo: di Layar LCD iPhone asli ada logo Apple dan nomor seri pada kabel fleksibel. Sedangkan, LCD kw polos alias tidak memiliki logo.
  • Kabel fleksibel: kabel fleksibel di Layar LCD iPhone ori sangat kuat dan lentur. Namun, kabel fleksibel di LCD Kw biasanya tidak kuat dan mudah robek.
  • Fitur True Tone: pada iPhone seri 8 keatas, fitur ini dapat diaktifkan. Namun, di LCD KW fitur tersebut tidak bisa diaktifkan.

Bagaimana cara mengatasi LCD iPhone rusak? Kalau LCD iPhone milikmu rusak, kamu bisa mengatasinya dengan membawanya ke Service Center Resmi iPhone terdekat di kotamu.

Sony Gunawan Zen
Sony Gunawan Zen Merupakan Digital Creator Lulusan S1 Informatika di Universitas Amikom Purwokerto yang suka menulis konten seputar Digital seperti Sosial Media, Game, Gadget, dan Berita Teknologi.