Search
Close this search box.

Cara Save Excel ke PDF Tanpa Terpotong, Hasilnya 100% Sama!

By Digital Pers

Digitalpers.id – Untuk kamu yang membutuhkan file PDF dari file EXCEL yang sudah ada, berikut ini cara save excel ke pdf tanpa terpotong. Dengan begitu, kamu bisa mengubah atau convert isi data yang ada menjadi file PDF utuh.

Excel adalah aplikasi pengolah angka yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Microsoft Excel memungkinkan Anda untuk membuat dan mengatur data dengan mudah dan efisien.

Ketika bekerja dengan Excel, ada saatnya Anda perlu menyimpan lembar kerja sebagai file PDF agar mudah dibagikan atau dicetak. Namun, terkadang setelah menyimpan file Excel sebagai PDF, Anda akan menemukan bahwa beberapa bagian dari halaman terpotong.

cara save excel ke pdf tanpa terpotong

Ada beberapa penyebab umum mengapa ini terjadi dan ada cara untuk menghindari hal ini. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menyimpan Excel ke PDF tanpa terpotong, dan juga penyebab mengapa file Excel Anda terpotong ketika Anda menyimpannya sebagai PDF.

Kenapa Excel ke PDF terpotong?

Sebelum membahas cara menghindari potongan saat menyimpan file Excel ke PDF, mari kita bahas dulu beberapa penyebab umum mengapa file Excel terpotong ketika disimpan sebagai PDF.

  • Ukuran Halaman PDF Terlalu Kecil

Salah satu penyebab umum mengapa file Excel terpotong saat disimpan sebagai PDF adalah ukuran halaman PDF yang terlalu kecil. Saat mengkonversi Excel ke PDF, Excel mengukur lebar dan tinggi halaman, dan kemudian mencoba memasukkan seluruh lembar kerja ke dalam halaman PDF dengan ukuran tersebut.

Jika ukuran halaman PDF terlalu kecil, bagian lembar kerja Excel yang melebihi ukuran tersebut akan terpotong. Oleh karena itu, untuk menghindari potongan, Anda harus memastikan bahwa ukuran halaman PDF Anda cukup besar untuk menampung seluruh lembar kerja.

  • Ukuran Lembar Kerja Excel Terlalu Besar

Ukuran lembar kerja Excel yang terlalu besar juga dapat menyebabkan lembar kerja terpotong saat disimpan sebagai PDF. Ketika Anda mengkonversi lembar kerja Excel ke PDF, Excel mencoba menyesuaikan seluruh lembar kerja ke dalam halaman PDF. Jika lembar kerja Excel terlalu besar, Excel akan memperkecil seluruh lembar kerja sehingga dapat masuk ke dalam halaman PDF.

Ini dapat menyebabkan teks dan gambar terlihat kecil dan tidak terbaca dengan jelas. Untuk menghindari hal ini, pastikan bahwa lembar kerja Excel Anda memiliki ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan memastikan bahwa ukuran halaman PDF cukup besar untuk menampung seluruh lembar kerja.

  • Pengaturan Margin yang Salah

Pengaturan margin yang salah dapat menyebabkan bagian lembar kerja Excel terpotong saat disimpan sebagai PDF. Margin pada Excel dan PDF mengacu pada jarak antara tepi lembar kerja dan tepi halaman.

Saat Anda mengkonversi lembar kerja Excel ke PDF, pastikan bahwa margin lembar kerja Excel dan margin halaman PDF sesuai satu sama lain. Jika margin halaman PDF lebih kecil dari margin lembar kerja Excel, bagian lembar kerja Excel yang berada di luar margin halaman PDF akan terpotong.

Cara Menyimpan Excel ke PDF Tanpa Terpotong

Setelah mengetahui beberapa penyebab umum mengapa file Excel terpotong ketika disimpan sebagai PDF, berikut adalah langkah-langkah untuk menyimpan Excel ke PDF tanpa terpotong:

  • Langkah 1: Rapihkan lembar kerja Excel

Sebelum menyimpan lembar kerja Excel sebagai file PDF, pastikan bahwa lembar kerja Excel Anda telah diatur dengan rapi. Pastikan bahwa semua kolom, baris, dan isi sel di dalam lembar kerja Excel Anda tertata rapih dan tidak terpotong. Hal ini akan membantu memastikan bahwa seluruh lembar kerja dapat muat pada satu halaman PDF.

  • Langkah 2: Pilih opsi “Save As”

Klik pada tab “File” di pojok kiri atas lembar kerja Excel Anda, kemudian pilih opsi “Save As” dari daftar opsi yang muncul.

cara mengubah excel ke pdf tanpa terpotong
  • Langkah 3: Pilih opsi “PDF”

Pilih opsi “PDF” dari opsi “Save as type” pada dialog “Save As”. Jika opsi “PDF” tidak muncul di daftar opsi, pastikan bahwa Anda telah menginstal printer virtual PDF pada komputer Anda. Anda dapat mencari “printer virtual PDF” di mesin pencari seperti Google untuk menemukan opsi yang sesuai.

convert excel ke pdf tanpa terpotong
  • Langkah 4: Pilih opsi “Entire Workbook”

Pastikan bahwa pilihan “Entire Workbook” telah dipilih di bawah kotak “Optimize for”. Ini akan memastikan bahwa seluruh lembar kerja akan disimpan sebagai file PDF.

  • Langkah 5: Pilih opsi “Fit Sheet on One Page”

Klik tombol “Options” dan pastikan bahwa pilihan “Fit Sheet on One Page” telah dipilih di bawah kotak “Page size and handling”. Opsi ini akan memastikan bahwa seluruh lembar kerja Excel Anda dapat muat pada satu halaman PDF.

  • Langkah 6: Klik tombol “OK”

Klik tombol “OK” untuk menutup dialog “Options”.

  • Langkah 7: Klik tombol “Save”

Terakhir, klik tombol “Save” untuk menyimpan lembar kerja Excel Anda sebagai file PDF. Pastikan bahwa Anda memilih lokasi penyimpanan yang tepat dan memberi nama file yang sesuai agar mudah ditemukan di kemudian hari.

Mau Belajar EXCEL dari Awal-Mahir? Subscribe Channel Youtube Seputar Microsoft EXCEL ini yuk!

Tinggalkan komentar