SEO dikenal sebagai channel digital marketing yang long term.
Kalau traffic sampe konversi udah bagus, ya kasarnya mau “tidur terus” juga traffic tetap jalan dan leads tetap masuk.
The real manfaat seo dalam bisnis online ya salah satunya seperti ini! (Berasa punya mesin uang sendiri), hehehe.
Yaaa gimana bukan mesin uang, yang namanya organic traffic kita memang gak perlu bayar apapun lagi!
Inilah yang kita anggap jadi kelebihan seo dalam bisnis online.
Beda sama cara kerja kalau kita ngiklan di Meta Ads atau Google Ads. Iklan berbayar seperti itu akan terus dan selalu butuh cost untuk setiap traffic dan konversi yang dihasilkan.
Tapi, disini aku gak akan mbahas perbedaan keduanya, karena masing-masing punya kelebihan kekurangan dan gak pas juga bandingin SEO dan Ads!
Aku mau fokus sama “seberapa long term SEO buat web bisnis” dan seperti apa contoh seo untuk meningkatkan bisnis?
Case Study Optimasi SEO: “diJalanin” (Dulu Aja) 10 Bulan Doang, Abis Itu Putus, Terus Nangis?
Disini aku mau bahas apa yang terjadi pada website yang udah aku optimasi SEO selama 10 bulan, abis itu off optimasi 100% sampe saat artikel ini ditulis (berarti yaaa sudah 8 bulan putus! eh off optimasi!)
Off optimasi yang aku maksud disini adalah OFF SEPENUHNYA. Gak update artikel, Gak beli backlink, bahkan login web aja enggak!
Terus, apa dengan begitu traffic anjlok dan leads musnah di bulan pertama off optimasi? Kalau iya, berarti SEO gak long term, dong?
Nasib Si Dia (Organic Traffic) Website Setelah Putus
Setelah aku cek lagi, ternyata traffic terbilang masih stabil banget sampe sekarang dan masih punya performa yang bagus (durasi baca, bounce rate, engagement, DLL).
Artinya, website masih punya kehidupan bahkan saat optimasinya udah gak lagi jalan.
Nasib Si Dia yang Lain (Leads) dari Website
Pun dengan leads yang masuk ke CS. Masih ada terus meskipun tentunya menurun dibandingkan sebelumnya.
Leads sendiri sebenarnya juga gak langsung turun gitu aja, dari data loops ini, bisa jumlah leads mulai terasa turun pas bulan Juni 2024. Artinya, baru terasa turun setelah 2 bulan optimasi off.
Bahkan seingat aku di bulan april hingga juni 2024 total omset dari website makin tinggi. Mungkin ini semacam “puncak” hasil dari proses optimasi 10 bulan tadi kali, ya?
Balik lagi soal leads yang menurun, aku pikir hal itu wajar banget terjadi ya, mengingat website benar-benar gak dioptimasi sama sekali setelahnya. Selain itu juga gak ada lagi improvement rutin buat ningkatin jumlah leads di website.
Waktu masih diurus, aku sering memantau artikel mana yang trafficnya bagus tapi kok jumlah klik (ke product) dikit banget? Setelah itu dioptimasi lagi mulai dari letak CTA, banner model, dan lainnya.
Selain memantau artikel, tentu aja halaman yang punya konversi tertinggi seperti Home, Product Page Hingga Halaman Kontak terus aku pantau performanya.
Tapi setelah gak diurus, itu semua hilang hingga akhirnya berdampak banget sama jumlah leads yang jadi menurun.
Kesimpulan: Secara keseluruhan, aku pribadi gak melihat adanya “kejatuhan” dalam website ini. Meskipun Google udah berulang kali update algoritmanya, web ini terus bertahan bahkan masih bisa mengalami kenaikkan traffic organic!
Jadi, SEO emang bener punya dampak yang long term untuk bisnis. Tapi, bukan berarti ditinggalkan 100% maka hasilnya bakal stabil 100% alias long term gak ada halangan juga. Tetap butuh setidaknya maintenance rutin.
Apa yang Aku Lakuin Buat Optimasi SEO Website Bisnis Biar Long Term
Nah, sekarang pertanyaannya, gimana bikin Traffic Website stabil terus meskipun optimasi SEO udah off hampir 1 tahun? Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan:
Build Topical Authority
Dengan topical authority yang bagus, website akan mudah rangking di semua artikel yang topiknya dikuasai website.
Selain itu, rangkingnya juga gak mudah goyah karena website kamu bisa dibilang udah dianggap google sebagai anak angkat website yang sangat relevan dan menguasai niche kamu.
Contoh:
- Niche Susu Anak Identik dengan Website Dancow, Bebeclub, dsb
- Niche Perawatan Rambut Identik dengan Website Sunsilk, Dove, dsb
Cara paling mudah mengenali website tertentu punya authority di niche apa juga bisa dilihat dengan mata kepala, kalau kamu googling seputar niche A dan seringnya website itu2 aja yang muncul, maka benar website itu memang punya topical authority yang bagus seputar topik yang kamu googling.
Kuasai Keyword Product
Postinglah berbagai artikel seputar product atau bisnis kamu yang banyak dicari konsumen. Misalnya: Cara Menggunakan Skincare + (Product Kamu), Cara Minum Vitamin + (Product Kamu). Dan Seterusnya.
Keywords produk emang pastinya selalu dibutuhin konsumen. Website kamu yang notabene official website akhirnya bisa punya peluang paling tinggi buat jadi yang teratas di keyword produk.
Selain itu, artikel seputar product juga bisa jadi sumber internal link ke homepage dan product page buat bisa nguatin Homepage dan product page yang biasanya selalu pingin dirangking (karena punya tingkat konversi tinggi dibandingkan halaman seperti artikel)
Apa Lagi, Ya?
Sebenernya masih banyak banget sih faktor dilakuin biar website long term, mulai dari kualitas backlinknya gimana, visitor experience website seperti apa, dan lain-lain.
Yang jelas, dari berbagai website yang pernah aku handle, optimasi yang bagus emang musti fokus, serius dari awal, dan pastinya harus diiringi dengan rasa “cinta” sama webnya.
Nah, itu dulu sharing kali ini ya, biasanya aku post seputar SEO di Linkedin pribadi, cuma daripada nulis di platform orang terus, kenapa gak dipost di web sendiri aja sesekali ya kan?