Search
Close this search box.

Bisa Daftar Sendiri, Ini Cara Dapat BLT BBM 600 Ribu Lewat Aplikasi Cek Bansos

DIGITALPERS.ID – Kemensos memberikan bantuan berupa BLT BBM 600 Ribu untuk masyarakat yang seharusnya mendapatkan bantuan tersebut imbas kenaikkan harga BBM di Indonesia. Bagi kamu yang seharusnya berhak mendapatkan bantuan tersebut namun belum mendapatkannya bisa mengajukan diri dengan menggunakan fitur Usul di aplikasi Cek Bansos.

Saat ini Pemerintah sedang menyalurkan 2 BLT yaitu BLT BBM dan BLT Subsidi Untuk para pekerja dengan Gaji maksimal 3.5 Juta per bulan.

aplikasi cek bansos kemensos

Fitur Usul Aplikasi Cek Bansos

Fitur ini digunakan untuk seseorang yang secara ekonomi seharusnya berhak mendapatkan bantuan BLT BBM namun setelah cek daftar penerima BLT atau Bansos 600 Ribu justru tidak dapat , bagi kamu yang punya saudara atau kamu sendiri bisa menggunakan fitur usulan di aplikasi Cek Bansos.

  1. Download dan buka aplikasi Cek Bansos melalui Play Store
  2. Pada aplikasi, klik menu Daftar Usulan di opsi Menu
  3. Klik pada pilihan Tambah Usulan
  4. Isikan formulir data yang diperlukan untuk mendaftar sebagai penerima BLT BBM
  5. Setelah isi formulir, pilih jenis bantuan sosial
  6. Langkah terakhir, silakan upload 2 foto yaitu foto KTP dan Rumah tampak depan.

Fitur Sanggah Aplikasi Cek Bansos

Fitur ini digunakan jika ada penerima BLT BBM di daerah kamu yang secara ekonomi seharusnya tidak dapat bantuan tersebut namun ternyata menerimanya.

  1. Buka aplikasi Cek Bansos
  2. Klik menu tanggapan kelayakan
  3. Akan tampil daftar penerima BLT di tempat tinggal kamu
  4. Silakan beri tanggapan dengan pilih icon jempol ke bawah
  5. Isikan alasan orang tersebut tidak berhak dapat bantuan BLT BBM 600 Ribu.
  6. Terakhir, klik kirimkan tanggapan.

2 fitur di atas diadakan untuk mengatasi masalah penyaluran BLT yang tidak tepat sasaran sehingga semua masyarakat bisa secara langsung mengajukan usul dan sanggahan melalui aplikasi.

Setelah itu kamu bisa tunggu dan mengeceknya di laman https://cekbansos.kemensos.go.id/ untuk memeriksa apakah nama kamu sudah terdaftar sebagai penerima BLT BBM Bansos Rp600.000 atau belum.

Jika sudah terdaftar sebagai penerima, untuk dana BLT BBM sendiri nantinya akan dibagikan dengan 3 cara yaitu melalui kantor POS, Lembaga setempat mulai dari RT/RW, kelurahan, maupun kecamatan serta dikirim langsung jika penerima tidak memungkinkan untuk datang ke tempat seperti kantor POS karena kondisi penerima.

Tinggalkan komentar